Kamis, 26 April 2012

Laporan Buku **** Tugas 4 (Bahasa Indonesia 2)




Judul               : Pemrograman Game dengan Java dan GTGE
Penulis            : Andi Taru N.N.W
Penerbit          : Andi Yogyakarta
Terbit              : 2010
Genre             : Pemrograman
Halaman         : 166 halaman




Pendahuluan  
 
Buku ini berisi pengetahuan tentang pembuatan game menggunakan bahasa pemrograman java dan GTGE.Bagi para pembaca yang ingin belajar tentang pemrograman game,sangat cocok untuk membaca buku ini.Buku ini membimbing secara langsung tahap demi tahap dalam pembuatan game.Buku ini juga sangat membantu untuk orang-orang yang ingin mengembangkan game – game yang dibuatnya.



Ringkasan Buku

            Bahasa pemrograman Java merupakan bahasa pemrograman yang saat ini populer karena konsep OOP (Object Oriented Programming) yang diterapkan mempermudah programmer dalam melakukan pembangunan maupun pengembangan perangkat lunak.Telah kita ketahui bersama bahwa perkembangan teknologi,khususnya teknologi game saat ini menuju ke arah yang lebih baik.Game telah menjadi suatu kebutuhan tersendiri karena dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti refreshing mengisi waktu luang maupun untuk pembelajaran.
            Game dibagi menjadi 2 bagian utama,yaitu game yang bersifat dua dimensi (2D) dan game yang bersifat tiga dimensi (3D).Game 2D biasanya tidak memilki tingkat kedalaman bila dibandingkan game 3Dyang memiliki tingkat kedalaman.Berbagai contoh game 2D adalah game-game casual atau game house seperti Zuma,Plant vs Zombie,Iggle Pop,Feeding Frenzy,dan masih banyak lagi.Sedangkan game 3D dapat dilihat pada WarCraft,GTA,Pro Evolution Soccer,dan lain-lain.
            GTGE (Golden T Game Engine) merupakan game engine berbasis bahasa pemrograman Java.Pustaka GTGE menyediakan berbagai method yang lengkap untuk membuat game 2D seperti penanganan akselerasi hardware,input mouse dan keyboard,audio,jaringan,sertaberbagai komponen antarmuka pengguna yang siap diguanakan umtuk membangin game dengan lebih cepat dan mudah.GTGE dibuat oleh orang Indonesia bernama Paulus Tuerah yang berasal dari Medan ,Sumatera Utara.Beliau adalah programmer berpengalaman serta pendiri Golden T Studios,sebuah perusahaan game di Indonesia.
            GTGE terbilang cukup mudah untuk dipelajari dengan catatan pembaca sudah memahami konsep pemrograman Java.Dengan menggunakan GTGE,programmer cukup berkonsentrasi terhadap gameplay yang akan dibuat tanpa memikirkan lagi pemrograman low level terhadap hardware.


Komentar Penulis 

Buku ini membuka wawasan pembaca tentang salah satu game engine yang populer di kalangan pemrograman Java,yaitu GTGE(Golden T Game Engine).Alasan pemilihan game engine ini adalah karena GTGE merupakan game engine yang powerful.multiplatform,gratis,serta dibuat oleh orang Indonesia.Bagi pembaca yang masih awam terhadap bahasa pemrograma Java,tidak perlu merasa khawatir karena buku ini menyertakan pembahasan dasar pemrograman Java dan pemrograman berorientasi objeknya (OOP).Namun apabila pembaca sudah familiar dengan Java , maka pembaca dapat langsung menuju ke pembahasan tentang game engine GTGE.


Kesimpulan 

Kebutuhan game yang saat ini semakon meningkat memerlukan efisiensi dan efektivitas dalam pembangunannya.Karena proses pembuatan game dapat memakn waktu dan biaya yang besar maka muncullah game engine,yaitu sekumpulan fungsi umum yang disediakan untuk keperluan pembuatan game sehingga programmer tinggal memanfaatkannya.Game engine memungkinkan programmer untuk membuat game dengan lebih efektif dan efisien.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar