Judul : Pemrograman Game dengan Java
dan GTGE
Penulis : Andi Taru N.N.W
Penerbit : Andi Yogyakarta
Terbit : 2010
Genre : Pemrograman
Halaman : 166 halaman
Pendahuluan
Buku ini berisi
pengetahuan tentang pembuatan game menggunakan bahasa pemrograman java dan
GTGE.Bagi para pembaca yang ingin belajar tentang pemrograman game,sangat cocok
untuk membaca buku ini.Buku ini membimbing secara langsung tahap demi tahap
dalam pembuatan game.Buku ini juga sangat membantu untuk orang-orang yang ingin
mengembangkan game – game yang dibuatnya.
Ringkasan
Buku
Bahasa pemrograman Java merupakan bahasa pemrograman yang
saat ini populer karena konsep OOP (Object Oriented Programming) yang
diterapkan mempermudah programmer dalam melakukan pembangunan maupun pengembangan
perangkat lunak.Telah kita ketahui bersama bahwa perkembangan
teknologi,khususnya teknologi game saat ini menuju ke arah yang lebih baik.Game
telah menjadi suatu kebutuhan tersendiri karena dapat digunakan untuk berbagai
macam keperluan seperti refreshing mengisi waktu luang maupun untuk
pembelajaran.
Game dibagi menjadi 2 bagian utama,yaitu game yang
bersifat dua dimensi (2D) dan game yang bersifat tiga dimensi (3D).Game 2D
biasanya tidak memilki tingkat kedalaman bila dibandingkan game 3Dyang memiliki
tingkat kedalaman.Berbagai contoh game 2D adalah game-game casual atau game
house seperti Zuma,Plant vs Zombie,Iggle Pop,Feeding Frenzy,dan masih banyak
lagi.Sedangkan game 3D dapat dilihat pada WarCraft,GTA,Pro Evolution Soccer,dan
lain-lain.
GTGE (Golden T Game Engine) merupakan game engine
berbasis bahasa pemrograman Java.Pustaka GTGE menyediakan berbagai method yang
lengkap untuk membuat game 2D seperti penanganan akselerasi hardware,input
mouse dan keyboard,audio,jaringan,sertaberbagai komponen antarmuka pengguna
yang siap diguanakan umtuk membangin game dengan lebih cepat dan mudah.GTGE
dibuat oleh orang Indonesia bernama Paulus Tuerah yang berasal dari Medan ,Sumatera
Utara.Beliau adalah programmer berpengalaman serta pendiri Golden T
Studios,sebuah perusahaan game di Indonesia.
GTGE terbilang cukup mudah untuk dipelajari dengan
catatan pembaca sudah memahami konsep pemrograman Java.Dengan menggunakan
GTGE,programmer cukup berkonsentrasi terhadap gameplay yang akan dibuat tanpa
memikirkan lagi pemrograman low level terhadap hardware.
Komentar
Penulis
Buku ini membuka
wawasan pembaca tentang salah satu game engine yang populer di kalangan
pemrograman Java,yaitu GTGE(Golden T Game Engine).Alasan pemilihan game engine
ini adalah karena GTGE merupakan game engine yang powerful.multiplatform,gratis,serta
dibuat oleh orang Indonesia.Bagi pembaca yang masih awam terhadap bahasa
pemrograma Java,tidak perlu merasa khawatir karena buku ini menyertakan
pembahasan dasar pemrograman Java dan pemrograman berorientasi objeknya
(OOP).Namun apabila pembaca sudah familiar dengan Java , maka pembaca dapat
langsung menuju ke pembahasan tentang game engine GTGE.
Kesimpulan
Kebutuhan game yang
saat ini semakon meningkat memerlukan efisiensi dan efektivitas dalam
pembangunannya.Karena proses pembuatan game dapat memakn waktu dan biaya yang
besar maka muncullah game engine,yaitu sekumpulan fungsi umum yang disediakan
untuk keperluan pembuatan game sehingga programmer tinggal memanfaatkannya.Game
engine memungkinkan programmer untuk membuat game dengan lebih efektif dan
efisien.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar